Ahok Tiba di Rutan Cipinang

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dengan kata lain Ahok segera dibawa ke Tempat tinggal Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta Timur. Kehadiran Ahok dikawal ketat polisi bersenjata komplit.

Ahok diantar dengan kendaraan lapis baja. Tidak ada sepatah kata keluar dari mulut Ahok waktu akan masuk Rutan Cipinang. Dia cuma pernah melambaikan tangan.

Pengadilan Negeri Jakarta Utara terlebih dulu memvonis Ahok dua th. penjara. Dia dinilai dapat dibuktikan dengan cara sah serta memberikan keyakinan bersalah tidak mematuhi Pasal 156a KUHP tentang penodaan agama.

Putusan itu lebih berat dari tuntutan jaksa penuntut umum yang inginkan Ahok dipidana setahun penjara dengan saat percobaan dua th.. Jaksa menilainya, Ahok cuma tidak mematuhi Pasal 156 KUHP sedang dakwaan tidak mematuhi Pasal 156a KUHP tak dapat dibuktikan.

Pasal 156 KUHP menyebutkan, ” Siapa saja di depan umum menyebutkan perasaan permusuhan, kebencian atau penghinaan pada satu atau sebagian kelompok rakyat Indonesia, diancam pidana penjara paling lama empat th. atau pidana denda paling banyak Rp4. 500. ”

Disamping itu, Pasal 156a KUHP berbunyi, ” Dipidana dengan pidana penjara selama-selamanya lima th. siapa saja dengan berniat di depan umum keluarkan perasaan atau lakukan perbuatan yang berbentuk permusuhan, penyalahgunaan atau penondaan pada satu agama yang diyakini di Indonesia. ”

Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto menerangkan, yang memberatkan Ahok yaitu karna dia tak terasa bersalah, tindakannya dinilai menyebabkan keresahan, serta bisa memecah kerukunan orang-orang. Yang memperingan yaitu terdakwa tak pernah dihukum, sopan, serta kooperatif dalam persidangan.

Ahok menyebutkan bakal ajukan banding atas putusan hakim. Disamping itu, jaksa penuntut umum masih tetap memikir-mikir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *