Bappenas Berharap Pertumbuhan Ekonomi Bisa Mencapai 5%

Menteri Rencana Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro yakini perekonomian Indonesia di kurun Januari-Maret atau kuartal I-2017 masihlah dapat tumbuh di kisaran lima %. Hal semacam itu bakal berlangsung meski berbelanja pemerintah belum terealisasi dengan cara penting.

” Memanglah belum banyak, namun kita saksikan, semoga di kisaran lima %, ” kata Bambang, seperti diambil dari Pada, selesai menghadiri ‘Regional Workshop on Country Safeguard Sistem berbarengan Asian Development Bank’ (ADB), di Nusa Dua, kabupaten Badung, Bali, Senin 10 April 2017.

Bambang menyampaikan pergerakkan perekonomian di paruh awal th. ini semakin lebih baik dibanding dengan periode sama di 2016. Walau berbelanja pemerintah untuk menggerakkan ekonomi, kata Bambang, masihlah lambat tetapi tanda perekonomian yang lain selalu lebih baik serta stabil.

” Namanya juga kuartal I, memanglah lambat, namun dapat tambah baik, ” tutur Bekas Menteri Keuangan ini.

Satu diantara tanda lain yang lebih baik serta stabil yaitu laju pergerakkan Indeks Harga Customer, yang sampai Maret 2017 tunjukkan inflasi di 3, 61 % dengan cara tahunan (year on year/yoy). Di Maret 2017, bahkan juga berlangsung deflasi 0, 02 % (month to month/mtm). Inflasi yang condong teratasi itu diinginkan dapat melindungi daya beli orang-orang.

Di segi lain, Bank Indonesia (BI) memprediksi perkembangan ekonomi Indonesia di kuartal I-2017 belum sesuai sama ekspetasi. Kajian BI pada akhir Februari 2017, perkembangan ekonomi kuartal I-2017 diprediksikan lebih rendah dari 5, 05 % (year on year/yoy). Hal itu lantaran masihlah rendahnya mengkonsumsi pemerintah.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityawara menyampaikan pergerakkan ekonomi yang belum kencang juga tampak dari penyaluran credit perbankan yang tumbuh minus 0, 7 % dari Januari sampai Maret 2017. Angka minus itu bermakna penyaluran credit melambat.

” Namun itu memanglah pola kuartal I yang memanglah senantiasa lebih rendah. Umumnya, aktivitas ekonomi baru mulai keliatan di kuartal II, serta bertambah lagi di kuartal III serta IV, ” tutur dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *