Free for Service, Program Khusus Kesehatan Gratis di Malaka NTT

Kabupaten Malaka di Nusa Tenggara Timur (NTT) mempunyai program spesial untuk orang-orang daerah itu untuk memudahkan orang-orang dalam berobat.

Berkaitan dengan program BPJS Kesehatan yang nyatanya belum diperoleh oleh 60 ribu warga dari keseluruhan 189 ribu jiwa disana, pemerintah pusat memberlakukan system Free for Service.

Panduan Mengemil supaya Berat Tubuh Tetaplah Ideal Kebijakan itu menyebutkan kalau warga Malaka yang belum mempunyai PBJS Kesehatan dapat tetaplah berobat dengan cara gratis apabila alamat yang terdaftar dalam e-KTP ada di kabupaten itu dengan memakai biaya pemerintah daerah. Diluar itu, pemakai Free for Service juga tidak cuma dapat berobat di Tempat tinggal Sakit Penyangga Perbatasan (RSPP) Betun saja, tetapi juga dapat dirujuk ke Tempat tinggal Sakit Referensi Atambua.

Bupati Kabupaten Malaka, Dr. Stefanus Bria Seran mengakui lakukan program tersebur karna mengerti kalau kekuatan ekonomi tiap-tiap warga di kabupaten tersubur di NTT itu tidak semuanya sama.

” Free for Service menggratiskan cost penyembuhan dengan berdasar pada tarif tempat tinggal sakit setempat, ” tukasnya waktu temani media berkunjung ke RSPP Betun, Jumat 5 Mei 2017.

Tetapi, ia menyatakan kalau program ini bukanlah termasuk juga dalam Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) seperti beberapa daerah lain. Ia mengungkap apabila memberlakukan system Jamkesda, cost pengeluaran bakal jadi semakin besar dibanding dengan program perorangan daerah itu.

Ia mengkalkulasi, program Free for Service dalam satu tahun dapat menggunakan Rp 1, 5 miliar sesaat apabila memakai system Jamkesda jadi cost yang digelontorkan dapat meraih Rp 10 miliar. Pastinya program Free for Service lebih mencapai orang-orang serta lebih ekonomis.

” Pada prinsipnya, program ini ada agar rakyat Malaka tak ada yang tidak dapat berobat karna tidak miliki duit, ” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *