Kapan Jadwal Puasa 2017 ?

Nahdhatul Ulama (NU) bakal memonitor 90 titik hilal di semua Indonesia untuk meyakinkan kapan awal puasa Ramadhan 2017 M atau 1438 H bakal jatuh.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdhatul Ulama, KH Said Aqil Siroj, menyampaikan kalau pemantauan hilal di 90 titik tempat hilal itu baru bakal dikerjakan keesokan hari, Jumat (26/5/2017).

” Jumat kita bakal awasi hilal, di 90 titik di Indonesia. Sumenep, Bawean, Situbondo serta daerah yang lain untuk memastikan awal puasa Ramadhan 2017, ” kata Said di Kantor PBNU, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (25/5/2017).

Muhammadiyah sudah memastikan awal bln. puasa Ramadhan 2017 yang bakal jatuh pada hari Sabtu (27/5/2017).

Said menyampaikan, pihaknya belum dapat memastikan apakah NU bakal juga mengawali awal puasa Ramadhan 2017 kesempatan ini di tanggal yang sama juga dengan Muhammadiyah, sebelumnya rukyat hilal dikerjakan.

Menurut Kamus Besar Bhs Indonesia (KBBI) daring, hilal yaitu bln. sabit ; bln. yang terbit pada tanggal sebulan Kamariah. Sedang rukyat yaitu tentang lihat bln. tanggal satu untuk memastikan hari permulaan serta penghabisan puasa Ramadan ; pandangan ; penilaian.

” NU tidak dapat memastikan terkecuali telah melakuan rukyat untuk lihat hilal dalam pemilihan awal puasa Ramadhan 2017. Itu bukanlah berati NU tidak dapat kalkulasi (hisab) awal puasa Ramadhan 2017. Terkecuali awal Ramadhan serta Idul Fitri kita kan gunakan kalkulasi, ” kata dia.

Said juga memberikan, ia tidak permasalahan bila nanti hasil rukyat hilal jawal puasa Ramadhan 2017 bakal bikin awal puasa pada NU dengan Muhammadiyah tidak sama di th. ini. Jadwal Puasa Hari ini

” Ya tidak apa-apa, namanya saja lain, NU dengan Muhammadiyah. Namun kan keduanya sama Islam. Namun bila NU memastikan awal puasa Ramadhan serta Idul Fitri ya mesti rukyat, dengan mata lihat hilal, ” tutupnya.

Kementerian Agama baru bakal mengadakan sidang isbat untuk mengambil keputusan awal puasa Ramadhan 2017 atau 1 Ramadhan 1438H pada Jumat (26/5/2017).

Sidang isbat pemilihan awal puasa Ramadhan 2017 itu untuk memastikan awal puasa. Berkaitan ini, Kementerian Agama akan lakukan pemantauan hilal di 77 titik di semua Nusantara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *