Kisah Pilu Masjid dengan Ubin Terindah di Dunia

Aleppo, adalah satu kota tua di Suriah yang alami rusaknya kronis, akibat perang saudara yg tidak kunjung usai. Beragam warisan dunia yang ada di Aleppo sendiri, tak ada yang luput dari serangan ke-2 iris pihak. Salah nya ialah Masjid Agung Aleppo, yang saat ini telah hancur karna perang.

Seperti yang ditulis dari BBC, Senin (29/5/2017), Mesjid Agung Aleppo nyatanya jadi satu diantara tempat yang mempunyai ubin terindah didunia. Bahkan juga pola-pola geometri yang menyebar dibagian halaman masjid ini dapat bertahan berabad lamanya. Walau telah melalui sebagian jaman, tetaplah saja keindahan ubin ini masih tetap terbangun sampai sekarang ini.

Sayangnya, Masjid yang tertua di Aleppo ini telah tidak komplit lagi, karna pada bln. April 2013 menara masjid hancur terserang serangan perang. Serangan ini tidak berhenti, karna di th. 2016, serangan kembali datang sampai bikin masjid yang di bangun th. 715 Masehi ini cuma tinggal puing-puing.

Panorama puing-puing rusaknya bangunan di kompleks Masjid Umayyad di Aleppo, Suriah, 13 Desember 2016. Masjid yang dikira sebagai tempat suci keempat dalam Islam ini mulai digempur dalam perseteruan pada 2014. (REUTERS/Omar Sanadiki)
Tetapi ajaibnya, lantai yang ada di halaman masjid masih tetap bertahan dengan baik. Bahkan juga sesudah terserang berulang-kali oleh tentara, ubin yang indah bak permadani ini masih tetap tampak menawan.

Kerumitan arsitektur dan keindahan Mesjid Agung Aleppo ini, nyatanya lahir dari kombinasi kebudayaan yang tidak sama. Sentuhan arsitektur Ghotic, Timur Tengah, sampai Eropa semuanya merasa kental pada bangunan paling utama, sampai detil yang ada pada menara yang telah hancur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *