Metode Tepat Untuk Kuatkan Ingatan

Sempatkah Kamu melihat orang yang dapat menghafal serta melafalkan kembali jejeran angka serta kata yang super panjang kurun waktu singkat? Ada beberapa orang yang mempunyai kekuatan super itu, namun memanglah tidak sering.

Kamu menginginkan mempunyai kekuatan ingatan seperti itu? Dapat! Satu piranti mnemonik simpel yang dipakai oleh beberapa juara kontes memori kelas dunia, bisa di ajarkan serta dikuasai oleh beberapa orang pemula juga, kata satu studi.

Trick mengingat yang dimaksud cara loci atau lokus bisa bikin Kamu mempunyai kekuatan mengingat yang mengagumkan.

Pada intinya, cara loci adalah langkah penambahan memori yang memakai visualisasi untuk mengatur serta mengingat info.

Cara loci memakai kekuatan otak terutama sisi hippocampus untuk memperkuat ingatan dengan konteks spasial.

Dengan kata lain, dengan cara ini, kita mengasosiasikan beberapa hal yang menginginkan kita ingat dengan deskripsi satu atau lebih tempat/tempat yang telah kita kenal dengan baik.

Dengan cara teori, otak lebih gampang mengingat beberapa hal yang telah kita kenal. Otak juga lebih gampang mengingat gambar di banding jejeran kata. Contoh, saat orang lain mengatakan kata ‘bebek’. Yang terbayang awal di otak yaitu deskripsi hewan bebek bukanlah jejeran huruf b-e-b-e-k.

Untuk studi mereka, beberapa ilmuwan dari Kampus Stanford serta Radboud University Medical Center di Belanda mengadakan scan MRI fungsional pada 17 juara kontes memori serta 51 orang pemula (tanpa ada ketrampilan menghafal spesial).

Lalu mereka diadu keduanya untuk menghafal daftar 72 kalimat. Sesudah 20 menit saat persiapan, rata-rata juara memori dapat mengingat 71 kata, sesaat yang lain cuma sekitaran 40 kata.

Lalu, peneliti membagi relawan non-juara jadi tiga grup serta memberikan tugas mereka ikuti kursus cara loci sepanjang enam minggu.

Saat mereka dites kembali, akhirnya kekuatan beberapa relawan nyaris menyamakan kekuatan beberapa juara kontes memori. Bahkan juga, sesudah empat bln. kursus, mereka dapat cetak hasil yang sama juga dengan beberapa juara.

Waktu beberapa peneliti lakukan scan otak, mereka menjumpai ada pergantian pola konektivitas saraf-saraf otak, yang saat ini mirip apa yang dipunyai oleh beberapa juara.

Riset yang sudah diterbitkan di jurnal Neuron ini tunjukkan, Kamu tak perlu bakat lahir untuk jadi orang dengan ingatan super kuat. Kamu cuma butuh latihan yang berkelanjutan.

Cara kursus yang dipakai dalam riset ini ada di memocamp. com. Website ini tawarkan kursus awal gratis. Sebagai catatan, memocamp tak mensponsori riset serta artikel ini.

Sayangnya, kata penulis riset Martin Dresler, PhD, ketrampilan spesial ini tidak selamanya dapat diaplikasikan dalam kehidupan keseharian.

Beberapa juara kontes memori, sama dengan beberapa orang lain, juga terkadang lupa dimana mereka menempatkan hp atau kunci mobil.

Namun, masihlah menurut Dresler yang yaitu asisten profesor pengetahuan saraf kognitif di Radboud University, cara ini tetaplah bermanfaat terlebih untuk pelajar untuk tingkatkan kekuatan mereka menghafal atau untuk beberapa pekerja yang kerap mesti mengingat materi presentasi, beberapa nama client serta semacamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *