Netizen Disarankan jaga Sikap pada Aksi 2 Desember

Jakarta – Tindakan demo yang kembali berjalan di Ibukota pada hari ini, Jumat (2/12/2016), di pastikan bakal jalan damai. Tindakan damai ini bahkan juga mengajak beberapa demonstran untuk lakukan doa berbarengan di Monumen Nasional (Monas).

Gagasan unjuk rasa ini pasti masihlah berkaitan masalah sangkaan penistaan agama yang dikerjakan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Tindakan demo itu memetik bermacam tanggapan dari netizen. Ada yang mensupport, ada juga yang menampik.

Pada 4 November 2016 lantas, waktu demo awal untuk memohon Ahok ditahan berjalan, situasi sosial media cukup ‘panas’. Mengedarnya status serta info dari sumber berita yg tidak terpercaya, memancing emosi netizen. Mengakibatkan, ‘perang’ sosial media berlangsung.

Lalu, supaya situasi keruh di sosial media tak kembali terulang pada peristiwa peka seperti ini, beberapa netizen diimbau untuk melindungi sikap serta dianjurkan tidak untuk mem-posting status serta cuitan yang berkesan provokatif di Tindakan Damai 2 Desember ini.

Enda Nasution yang dijuluki Ayah Blogger, menyampaikan ada banyak hal yang baiknya tak dikerjakan netizen saat berperilaku di sosial media sepanjang masa demo berjalan.
Awal, janganlah mem-posting komentar atau opini yang sifatnya memprovokasi atau memperpanas situasi.

” Tindakan demo ini, didunia riil telah cukup panas. Janganlah dibikin keruh lagi di sosial media. Coba untuk menahan diri dari hasrat untuk keluarkan ejekan atau pernyataan yang merendahkan,

Ke-2, dilanjutkan Enda, janganlah terpancing dengan posting-an yang provokatif. Saat melewati linimasa serta temukan berita negatif, cobalah konfirmasi apakah berita itu datang dari sumber yang akurat atau tak.

” Lakukan untuk mengkonfirmasi dari sebagian sumber, atau sumber tangan awal keakuratan info yang di terima, sebelumnya nanti bakal disebarkan, ” ia memberikan.

Paling akhir, janganlah emosi. Seperti Enda sampaikan, upayakan untuk tetaplah tenang saat membaca posting-an di sosial media atau group chat yang nampak.

” Mengatur emosi itu memanglah susah, namun bila tenang, semuanya bakal baik-baik saja, ” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *