Project Scorpio Milik Microsoft Siap Hentikan Dominasi PS4

Microsoft pada akhirnya mengungkapkan spesifikasi dari konsol paling barunya yang bernama Project Scorpio. Waktu diumumkan di arena E3 2016 tempo hari, Project Scorpio diklaim bakal tampak sebagai konsol paling bertenaga. Apakah benar sekian?

Menurut Digital Foundry, klaim Microsoft itu benar. Dengan cara spesifikasi, Project Scorpio bakal tampak sebagai konsol paling kencang bila dibanding dengan beragam konsol yang ada sekarang ini, termasuk juga PlayStation 4 Pro.

Project Scorpio ada ditenagai oleh satu SoC (Sistem on Chip) spesial. Di dalamnya, ada satu CPU yang mempunyai konfigurasi octa-core dengan kecepatan 2, 3GHz. CPU Project Scorpio kesempatan ini lebih kencang dibanding dengan PlayStation 4 Pro yang memakai CPU octa-core Jaguar berkecepatan 2, 1GHz. Bukan sekedar itu, konsol ini bahkan juga tambah lebih cepat dari Xbox One yang cuma mempunyai kecepatan 1, 75GHz.

Sesaat dari segi grafis, Project Scorpio bakal memakai GPU sesuai sama yang dijanjikan. GPU itu bakal ada dengan performa sampai 6TFLOPS, jauh diatas PlayStation 4 Pro yang cuma 4, 2TFLOPS serta empat kali lipat lebih kencang dari Xbox One yang cuma mempunyai performa GPU 1, 31TFLOPS.

Walau tak dijelaskan type GPU yang dipakai, Digital Foundry memprediksi Project Scorpio memakai GPU AMD Polaris yang sudah dimodifikasi, dalam soal ini setara dengan RX 480 versus PC tetapi dengan jumlah compute unit yang semakin banyak, yakni 40 buah.

Performa itu memanglah masihlah adalah spesifikasi diatas kertas, tetapi ada satu hal yang menarik di GPU Project Scorpio kesempatan ini. Tim Microsoft sukses menanamkan instruksi DirectX 12 dengan cara segera kedalam GPU di konsol ini.

Dengan hal tersebut, beban rendering grafis diklaim menyusut sampai setengahnya serta bikin performa Project Scorpio tambah baik.

Project Scorpio akan memakai memori GDDR5 berkecepatan 6, 8GHz dengan keseluruhan memori 12GB. Jumlah memori tersbeut 50 % semakin besar dari PlayStation 4 Pro serta Xbox One yang cuma mempunyai memori sebesar 8GB. Project Scorpio nanti bakal memakai 12 modul memori dengan 384-bit memory bus, hingga membuahkan keseluruhan bandwidth sebesar 326Gbps.

Berpindah ke system pendinginan, Microsoft disebutkan tak 1/2 hati dalam membuat konsol ini. Project Scorpio diperlengkapi dengan system pendingin vapor chamber cooling yang umum diketemukan di kartu grafis kelas atas seperti NVIDIA GeForce GTX 1080 serta 1080Ti.

System pendingin ini memakai satu kipas yang dapat mengalirkan hawa panas ke luar dengan cara maksimal.

Sebagai penambahan, Project Scorpio juga diperlengkapi dengan feature audio surround sound 7. 1 dari Dolby Atmos serta tehnologi video encoding HVEC paling baru. Dengan hal tersebut, pemain dapat nikmati serta merekam gameplay serta mengambil screenshot dengan hasil yang tambah baik. Satu 4K UHD Blu-ray drive juga disematkan di konsol ini, memungkinkannya untuk memutar film berkwalitas tinggi.

Bagaimana performa gaming-nya?

Project Scorpio disebutkan dapat menggerakkan game di resolusi native 4K tanpa ada permasalahan. Sekarang ini, Microsoft memanglah masihlah belum mempunyai game yang dengan cara khusus di bangun untuk Project Scorpio. Tetapi konsol ini mempunyai feature Backward Compability hingga masihlah dapat memainkan game Xbox One, bahkan juga Xbox 360. Developer juga dapat mendatangkan patch supaya game itu dapat dimainkan di resolusi 4K dengan framerate 60fps.

Forza Horizon umpamanya. Game balapan itu sudah mempunyai patch untuk Project Scorpio. Dalam pengujian yang dipertunjukkan oleh Microsoft, Project Scorpio dapat menggerakkan Forza Horizon di resolusi 4K dengan framrate 60fps tanpa ada permasalahan.

Bahkan juga di tanda performa, Forza Horizon cuma mengonsumsi performa GPU sekitaran 60 %. Artinya, konsol ini masihlah dapat menghadirkan grafis dengan kwalitas yang jauh tambah baik lagi.

Menariknya lagi, Microsoft juga membuat Project Scorpio supaya developer game bisa lakukan transisi dengan gampang. Yakin atau tak, patch untuk Forza Horizon didatangkan cuma kurun waktu dua hari. Sudah pasti ini adalah berita baik untuk semuanya. D

eveloper semakin lebih gampang bikin game dengan performa tinggi, serta gamer dapat memperoleh game tambah baik kurun waktu lebih singkat.

Menghancurkan konsol, menantang PC

Lihat spesifikasi yang ditawarkannya, Project Scorpio terlihat ada sebagai penghancur konsol yang ada sekarang ini. Spesifikasinya jauh diatas rata-rata konsol hingga ia di pastikan bakal tingkatkan standard konsol sekarang ini. Project Scorpio bahkan juga dapat menantang PC serta mempopulerkan gaming di resolusi 4K.

Apakah ia bakal sukses? Bila Microsoft sukses menggaet beberapa developer untuk melaunching judul game eksklusifnya di Project Scorpio, konsol ini pasti bakal sukses. Ia telah unggul dalam permasalahan performa serta content yaitu hal yang perlu diutamakan kesempatan ini. Tetapi, developer game semestinya dapat lebih gampang dirangkul sebab konsol ini mempunyai miliki potensi pengembangan yang besar.

Satu hal yang tentu untuk sekarang ini, konsol Project Scorpio di pastikan bakal di bandrol dengan harga yang lebih mahal dari PlayStation 4 Pro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *