Tumpahan Oli Cemari Waduk Saguling

Polres Cimahi masihlah lakukan penyelidikan berkaitan ada peluang unsur pidana dalam momen tumpahnya beberapa ribu liter oli punya PT Central Georgete Nusantara Printing (CGNP) tumpah ke Sungai Cibinbin, Desa Laksanamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Beberapa ribu liter oli tumpah itu bikin Sungai di Cibinbin yang bermuara ke Waduk Saguling menghitam serta mengakibatkan kerusakan tempat pertanian di sekelilingnya. Tidak berhasil panen-pun didapat petani setempat.

” Sistem ya tetaplah dikerjakan adakah sangkaan tindak pidana atau tak, ” kata Kapolres Cimahi AKBP Ade Ary Samindradi waktu di konfirmasi merdeka. com, Rabu (15/3). Hingga dia belum dapat menyimpulkan apakah PT CGNP ada unsur kesengajaan, kelalaian atau bukanlah.

Penyelidikan awal kata dia, dikerjakan dengan mengecek beberapa saksi baik itu warga ataupun perusahaan itu. Beberapa tanda bukti juga ikut diamankan seperti katup besi pembuangan oli yang ada di boiler.

” Sekarang ini delapan yang telah kita check. Namun ini peluang selalu jadi tambah ya, serta barang-barang bukti sekarang ini telah diamankan sesaat, ” terangnya.

Dia juga menyebutkan untuk menyelidiki masalah itu pihaknya melibatkan Dinas Lingkungan Hidup dari Kabupaten Bandung Barat (KBB). Walau tumpahan oli telah mencemari mulai sejak dua minggu lantas tetapi sebagian titik masihlah terkena. ” Kita sertakan Dinas Lingkungan Hidup untuk mengambil sampel pada sampel yang di ambil ini, ” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *