Wacana Pemindahan Ibukota Diharapkan Tak Mangkrak

Wacana perpindahan ibu kota negara Indonesia dikira pas. Sekurang-kurangnya diliat dari aspek efisiensi. Anggota Komisi XI DPR Johnny G Plate menilainya Jakarta sangatlah padat penduduknya.

Ruangan geraknya juga makin sempit. Bahkan juga, untuk jalan kaki saja telah macet. Karena itu, perpindahan ibu kota jadi satu alternatif dibanding ada kebijakan yang mengatur bertambahnya serta ruangan gerak masyarakat, yang memiliki biaya tinggi. ” Bila dikalkulasikan dengan cara ekonomis serta periode panjang, rasional untuk geser. Tata ruangan ibu kota kita overpopulated, ” sebut Johnny di Jakarta, Jumat (14/4).

Sekarang ini, pemerintah dalam step kajian untuk perpindahan ibu kota negara itu. Karena itu, menurutnya belum dibutuhkan undang-undang yang mengaturnya. Sebab bila di buat basic hukumnya, perpindahan ibu kota mesti direalisasikan apa pun resikonya.

Sesaat untuk memindahkan ibu kota butuh ketelitian serta hitung yang masak. Tak dapat tergesa-gesa. ” Karenanya kita belum ganti undang-undang. Karna undang-undang dirubah atau di buat, mesti dikerjakan apa pun resikonya, ” ucap legislator asal NTT itu.

Karenanya, dia berlaku menanti kajian yang tengah dikerjakan pemerintah. Bila telah usai, butuh disiapkan suprastrukturnya lantaran ibu kota representasi dari negara.

Dia berikan catatan, dalam pemindahannya kelak, jangan pernah mengganggu pemerintahan serta service umum. Semuanya mesti terencana dengan baik agar support pembiayaan tak terputus di jalan. ” Jangan pernah mangkrak. Kelak perpindahan ibu kota jadi ibu kota mangkrak, ” imbaunya.

Perpindahan ibu kota harus juga penuhi beragam jenis prasyarat. Umpamanya, segi service umum yang tambah baik. ” Kwalitas service umum ditingkatkan. Ini terkait dengan kebijakan negara, ” pungkas Johnny.

Seirama, Anggota Komisi II DPR Achmad Baidowi menyampaikan, butuh hitung masak untuk memindahkan ibu kota. Tetapi yang paling utama yaitu, keberanian politik dalam soal ini memutuskan apakah ibu kota dipindah atau tetaplah di Jakarta.

” Ini wacana yang selalu digaungkan, tinggal keberanian dengan ketentuan politik. Janganlah alergi memindahkan ibu kota, ” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *